menu

Selamat Datang Di Blog Yoga Agusti, Silahkan Membaca

Rabu, 04 April 2012

Jaringan Client Dan Server

Jaringan client/ server merupakan jaringan yang didesain untuk mengatur beberapa komputer secara bersamaan melalui sebuah server. Semua komputer client yang terhubung dengan komputer server seluruhnya harus patuh pada kehendak server. Semua komputer dalam mengakses data, memakai program aplikasi, dan lain-lain yang berhubungan dengan komputer server harus terlebih dahulu mendapatkan ijin atau hak akses dari komputer server.

Tipe jaringan ini terdiri dari sejumlah komputer dengan memakai satu atau beberapa komputer yang dijadikan server dan di hubungkan dengan sejumlah komputer client.  Jadi pada jaringan ini terdapat satu atau lebih dari satu server untuk mengendalikan beberapa komputer client.

Gambar Skema jaringan client-server

Pada jaringan ini komputer server hanya bertugas memberikan service – service seperti database server, file server, dan lain sebagainya. Sementara komputer client pada jaringan ini hanya memakai service – service yang diberikan oleh server. File – file yang berhubungan dengan data pribadi server tidak bisa diakses oleh client, kecuali client tersebut mendapatkan hak akses dari server.

Untuk mengelola jaringan client/server, komputer server kuta harus menggunakan sistem operasi yang di khususkan untuk server. Hal tersebut dikarenakan di dalam sistem operasi server terdapat beberapa tambahan program aplikasi untuk mengatur hubungan antara server dan client. Beberapa jenis sistem operasi yang dikhususkan untuk server antara lain Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server.

Tidak semua komputer dapat menggunakan sistem operasi berbasis server. Sistem operasi berbasis server memerlukan kualitas processor, RAM, dan harddisk dengan kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan sisitem operasi yang lain. Kualifikasi ini nantinya berkaitan dengan peran server untuk menjalankan berbagai macam service.




Sumber :
  • Buku (Computer Starter Guide) JARINGAN KOMPUTER Oleh Wiharsono Kurniawan. Penerbit ANDI

1 komentar: