menu

Selamat Datang Di Blog Yoga Agusti, Silahkan Membaca

Sabtu, 29 September 2012

Pengaruh Orang Tua Bagi Anak

Menurut saya perhatian orang tua akan sangat berpengaruh pada kehidupan sehari-hari pada seorang anak, apalagi disaat anak itu sedang dalam masa pertumbuhan atau yang sering disebut masa remaja. Dimana pada masa tersebut remaja cenderung sedang mencari jati dirinya dan masih sangat labil sifatnya sehingga mudah sekali terpengaruh, oleh karena itu peran orang tua dan perhatian orang tua sangat dibutuhkan di masa tersebut.

Peran orang tua tersebut juga dapat membantu, akan kemana arah dan tujuan hidup dari anak itu sendiri, jika orang tua memberi perhatian dan nasihat yang benar kemungkinan besar anak tersebut juga menjadi anak yang baik dan patuh kepada orang tuanya, namun apabila jika peran orang tua dalam mendidik anak kurang atau bahkan jarang diberikan pengertian dan nasihat maka kemungkinan anak tersebut cenderung akan memiliki sifat negative.

Hal tersebut timbul karena kurangnya perhatian dan nasihat dari orang tua atau keluarganya, jika seperti itu sifat remaja yang masih labil akam terbawa oleh perkembangan zaman yang sangat cepat saat ini seperti, contohnya yang saat ini sedang marak terjadi seperti tawuran akibat salah memilih teman, minuman keras dan narkoba akibat kurang nasihat dan perhatian orang tua, bahkan sex bebas dikalangan remaja akibat terjerumus pergaulan yang bebas. Itu adalah contoh hal negatif yang sangat sering terjadi dikalangan remaja.

Jika mereka tidak mendapatkan nasihat dan perhatian dari orang tua atau keluarganya, dan dengan mendapatkan pengarahan mungkin hal itu tidak akan terjadi. Ambil contoh tawuran. Tawuran antar pelajar terjadi karena adanya pergaulan remaja yang salah, contoh salah memilih teman salah satunya atau terlalu mudah terpengaruh ajakan teman.

Hal itu tidak akan terjadi jika orang tua mengetahui pergaulan anaknya setiap hari j ika memberikan nasihat dan memberikan perhatian kepada anaknya. Karena dengan nasihat anak tersebut mungkin akan berpikir 1000 kali untuk melakukan hal yang negatif karena pesan dari orang tua.

Oleh karena itu terlihatlah sangat pentingnya peran orang tua dalam perkembangan anaknya. Pelajar itu tugasnya untuk belajar bukan menjadi tahanan di penjara karena membunuh sesama pelajar, raih mimpi dan cita - cita untuk masa depan lebih cerah, dan dengan adanya dukungan dan perhatian orang tua itu semua akan tercapai karena orang tua sangat penting di kalangan remaja untuk menentukan sifat sehari hari anak tersebut dan untuk menentukan arah hidup anak tersebut kelak.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar