menu

Selamat Datang Di Blog Yoga Agusti, Silahkan Membaca

Selasa, 26 November 2013

SOFTSKILL: PROPOSAL EBAY [TUGAS 3]



PENDAHULUAN

Latar Belakang
          Perkembangan internet menyebabkan terbentuknya dunia baru yang disebut  dunia maya. Di  dunia maya,setiap individu memiliki hak dan kemampuan untuk  berinteraksi dengan individu lain tanpa batasan apapun yang dapat menghalanginya. Globalisasi yang sempurna sebenarnya telah berjalan di dunia maya yang menghubungkan seluruh komunitas digital. Dari seluruh aspek kehidupan manusia yang terkena dampak kehadiran internet, sektor bisnis merupakan sektor  yang  paling  terkena  dampak  dari  perkembangan  teknologi  informasi  dan telekomunikasi serta paling cepat tumbuh.  Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.
          eBay adalah suatu usaha yang bergerak dalam bidang e-commerce sebagai tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan serta tempat menemukan segala sesuatu, dari ponsel, pakaian, barang koleksi dan mobil bahkan mie instant.
          Oleh karena itu dibutuhkan sebuah website yang bukan hanya mempromosikan suatu produk tetapi juga bisa memesan produk secara online. Berdasarkan permasalahan  tersebut maka penulis membuat proposal dengan rincian biaya untuk pembuatan sebuah website secara eBay yang diharapkan dapat membantu dan meningkatkan penyampaian informasi, serta memudahkan customer untuk memesan secara Online.
Batasan
Batasan masalah pada website ini adalah:
1. Pembayaran melalui Paypal, PaisaPay dan COD (Cash On Delivery)
2. Keanggotaan (membership)
3. Berumur 18-54 tahun.
4. Pencarian Barang
5. Lelang, Pembelian, dan Penjualan
6. Pengiriman Barang Internasional

Tujuan
          Mempromosikan suatu produk dan juga bisa memesan produk secara online, tempat untuk berdagang barang koleksi dan barang yang sulit ditemukan serta tempat menemukan segala sesuatu, dari ponsel, pakaian, barang koleksi dan mobil bahkan mie instant.

Metode Yang Digunakan
          Pada eBay, metode yang digunakan untuk melakukan promosi dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimizer) serta promosi-promosi yang menaikkan rating eBay pada mesin pencarian Google.

Target
          Target pemasaran eBay adalah dengan konsumen lebih dari 39 negara. Dengan kelebihan yang terletak di eBay store dimana konsumen atau pengunjung dapat dijadikan barometer harga yang memberikan pandangan tentang apa yang menjadi objek keinginan setiap konsumen di seluruh dunia.


PROPOSAL

Profil Usaha
Nama Perusahaan                   : eBay
Alamat Perusahaan                 : 2145 Hamilton Avenue San Jose, California 95125
Nama Pemilik                         : Pierre Omidyar
Informasi Tentang Bisnis     : Bisnis ini bergerak dibidang jual beli online, dimana perusahaan ini menyediakan layanan web yang mengakomodir kegiatan jual beli, pembayaran ataupun pengiriman untuk semua pengguna layanan ini.

WBS (Work Breakdown Structure)
WBS adalah suatu metode pengorganisasian proyek menjadi struktur pelaporan hierarkis. WBS digunakan untuk melakukan Breakdown atau memecahkan tiap proses pekerjaan menjadi lebih detail.

Sumber Daya
Perangkat Keras dan Lunak. Perangkat keras yang akan digunakan dalam usaha ini adalah :
  1. Smartphone.
  2. Laptop atau komputer.
  3. Koneksi internet.
  4. M-banking tau E-banking.

Biaya
  • Stock awal barang        : Rp 1.000.000.000
  • Pulsa                           : Rp 2.500.000
  • Transportasi                 : Rp 25.000.000
  • Total anggaran awal      : Rp 500.000

Laba
Laba dari penyedia layanan ini untuk bulan pertama kemungkinannya ialah Rp. 50.000.000,00 - Rp. 100.000.000,00 tergantung dari berapa banyaknya iklan yang terpasang.

Kegiatan/Task
Berikut ini adalah suatu kegiatan untuk merealisasikan proyek "PROPOSAL EBAY" akan ditempuh langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Studi Kelayakan
Mempelajari proses-proses dan identifikasi data-data yang dibutuhkan dalam perancangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dalam hal ini eksekutif untuk meningkatkan pelayanan efisiensi dan keputusan.

  1. Desain Fungsi
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari flowchart, Data Flow Diagram (DFD), desain tabel, dan sebagainya sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.

  1. Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi yang telah dibuat. Lama pengerjaan dan jumlah baris coding ini turut menentukan besar-kecilnya harga web yang dibuat.

  1. Pengujian
Black Box Testing
-          Uji Prilaku (behavior testing)
-          Focus input / output
-          Fungsionalitas

  1. Pelatihan
Sebelum website dijalankan/kunjungi oleh user, pihak developer proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih costumer atau eksekutif dari Ebay yang hendak mengoperasikan program web yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna selanjutnya.

  1. Pemeliharan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggang waktu yang cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.

  1. Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen. Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan, sebagai referensi untuk bug bila terjadi kendala, sebagai pedoman operasional dan sebagainya.

Waktu
Waktu yang diperlukan berdasarkan kegiatan yang dilakukan, seperti gambar di bawah ini.

Penutup
Demikian proposal yang kami buat, semoga langkah ini dapat ikut serta memperbaiki kesejahteraan dan perekonomian pribadi tiap - tiap orang, terlebih lagi jika dapat memberikan lapangan pekerjaan pada orang lain dan memajukan ekonomi. Terimakasih.

Sumber & Referensi




Kelompok 4IA22 

Achiel Amirudin (50410062) 
Adhitya Permana Putra (50410139)
Andika Prasetya (50410709)
Henry Manggala Putra (53410244)
Hoki Kurnia (53410326)
Sahidina Ali (56410329) 
Yoga Agusti (58410637)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar